Disdukcapil Kota Bekasi BISA, Berikan Kemudahan Masyarakat

0

BEKASITODAY.NET – Pelayan publik selalu menjadi perhatian bagi masyarakat karena itu menyangkut administratif kependudukan. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi terus berupaya melakukan inovasi terhadap program-program kerjanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kota Bekasi, Taufiq Rahmat Hidayat mengungkapkan bahwa pihaknya berinovasi dalam pelayanan untuk memudahkan masyarakat Kota Bekasi melakukan administrasi kependudukan.

“Sesuai visi misi kami yaitu program Dukcapil BISA Berkarya, Inovasi dan inisiatif, Sabar dan penuh Semangat, Adaftif dan Amanah,” ucapnya saat ditemui Bekasi Today diruang kerjanya, Rabu (21/10).

Menurut Taufiq, pelayanan publik Disdukcapil baru meliputi tingkat kecamatan di wilayah Kota Bekasi, sehingga pada awal melakukan administrasi masyarakat bisa datang ke kecamatan,

“Kami sudah mempunyai staf sampai kecamatan, sehingga masyarakat bisa mengurus administrasi awal di sana, diharapkan tahun 2021 pelayanan akan disiapkan di tingkat Kelurahan sehingga pelayanan bisa merata. dan semoga Tahun Depan bisa terealisasi.” katanya.

Aplikasi E-Open sebagai pengembangan dari aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Dokumen Kependudukan (Simpaduk) yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan antrean saat melakukan pendaftaran pelayanan.

“Bedanya dengan Simpaduk, aplikasi E-Open tidak lagi hanya melayani antrean, tapi E-Open bisa mengurus semuanya hanya tinggal klik-klik melalui handphone dengan mengunduh di play store,”

Ia menyampaikan, nantinya melalui E-Open masyarakat bisa melakukan pendaftaran untuk membuat administrasi kependudukan, kemudian akan muncul semua persyaratannya pada sistem. Selanjutnya pendaftar bisa memfoto seluruh dokumen persyaratan untuk diupload ke sistem.

“Selanjutnya berkas akan kita verifikasi dan validasi, kalau sudah selesai, pendaftar akan diberikan notifikasi apakah administrasi kependudukannya diambil langsung atau diantar ke rumah masing-masing,” paparnya.

Seperti perekaman e-KTP yang bisa dilakukan di kecamatan atau Masyarakat juga bisa langsung datang ke Mal Pelayanan Publik di Mall Bekasi Trade Center, Mall Pondok Gede dan Mall Cibubur pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 sampai 16.00 WIB melayani pengurusan e-KTP, KK, Akte Kelahiran dan Akte Kematian.

Ia menyampaikan jika pihaknya diberikan target oleh pemerintah pusat agar akte kelahiran diberi kemudahan untuk pengurusannya.

“Tahun ini ada target dari pemerintah pusat agar mencapai akte kelahiran. Sehingga kami berlomba-lomba membuat program baru seperti Jemput Bola untuk mencapai target akte kelahiran tersebut, dan Alhamdulillah sampai dengan bulan ini kita sudah diatas rata rata target nasional.” ungkapnya.

Program tersebut, dimaksudkan, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kota Bekasi mengurus segala administrasi kependudukan, sehingga masyarakat tidak menunda-nunda lagi dalam mengurusnya. (Lay)

LEAVE A REPLY